Cara Buat Kelapa Parut Kering dengan Mudah

Kelapa parut kering ialah daging buah kelapa yang sudah dihaluskan, dikeringkan kemudian diproses secara higienis yang berguna untuk bahan baku makanan. Kelapa parut kering memiliki warna putih dan mempunyai rasa serta bau khas kelapa

Cara Buat Kelapa Parut Kering

Cara Buat Kelapa Parut Kering dengan Mudah

1. Seleksi Buah Kelapa

Dalam mengolah kelapa parut kering, dibutuhkan seleksi terhadap kelapa yang hendak dipakai berdasarkan kualitas dan juga kematangannya. Varietas kelapa harus dipertimbangkan sebab terdapat perbedaan hasil antara varietas yang berlawanan atau varietas sama namun berlawanan tempat tumbuh.

Kelapa yang memiliki ukuran besar belum tentu memiliki daging yang tebal. Varietas kelapa dengan kandungan minyak tinggi lebih digemari sebab flavor produk dipengaruhi terhadap kandungan minyak kelapa.

2. Pengupasan Sabut Kelapa

Pengupasan sabut kelapa bisa dilakukan di lokasi perkebunan kelapa maupun di rumah para petani kelapa. Butir-butir kelapa yang sudah bersih dari sabut langsung diangkut ke pabrik. Cara ini mampu mengurangi biaya angkutan sebab berat dan volume kelapa akan menjadi lebih kecil. Diusahakan agar saat setiap pengupasan sabut, batok kelapa tidak pecah.

3. Seasoning

Setelah itu, kelapa dilihat dengan teliti untuk mengetahui bahwa kelapa yang akan diproses memiliki kualitas yang baik. Butir-butir kelapa yang kurang baik akan dipisahkan. Penggunaan kelapa yang matang sempurna sangat penting, sebab buah kelapa yang belum matang memiliki kadar minyak rendah dan tak akan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.

Hal ini juga berlaku dengan kelapa yang berkecambah dan pecah atau rusak tak baik digunakan sebab menghasilkan produk yang berwarna kurang menarik. Jangan menyimpan terlalu lama, sementara untuk buah kelapa yang telah matang tak diperlukan “seasoning”.

4. Pengupasan Tempurung

Tempurung kelapa akan dipisahkan secara manual dengan menggunakan kapak kecil atau jika ingin lebih cepat bisa menggunakan mesin cungkil kelapa. Saat pengupasan tempurung sebaiknya jangan sampai memecahkan buah, karena akan menyusahkan dalam proses pembuangan testa.

5. Pengupasan Testa

Testa adalah permukaan luar daging kelapa dilapisi dengan selaput coklat. Testa dikupas menggunakan peeler seperti yang digunakan untuk mengupas kentang. Umumnya pekerjaan ini dilakukan oleh wanita. 

Kurang lebih sebanyak 12 hingga 15 persen daging buah juga ikut terpisahkan, maka dari itu kupasan ini masih dapat dimanfaatkan. Kulit hasil kupasan ini apabila diekstraksi dapat menghasilkan minyak bermutu rendah atau bisa juga digunakan untuk pakan ternak.

6. Pemotongan dan Pencucian

Pertama daging kelapa dibelah menjadi dua bagian dan airnya dikeluarkan. Sesudah dicuci bersih, daging buah kelapa ini dipotong dengan ukuran lebih kecil. Pemotongan ini berfungsi untuk memperluas permukaan daging kelapa supaya bahan pengawet bisa dengan mudah meresap masuk ke dalam jaringan sel daging.

7. Sterilisasi

Sterilisasi memiliki tujuan untuk membunuh bibit-bibit penyakit. Keracunan sering disebabkan oleh adanya bakteri Salmonella pada kelapa parut kering. Caranya potongan-potongan kelapa ini direndam dalam air mendidih selama kurang lebih 1.5 menit.

Namun cara ini bisa mengurangi mutu kelapa parut kering dan juga kelapa parut kering dapat berubah warna karena air panas. Metode sterilisasi yang lain yakni dilakukan dengan cara menguapi potongan kelapa selama kurang lebih 5 menit dalam suhu 88°C atau 8 hingga 10 menit dalam suhu 70 °C hingga 80 °C.

8. Pemotongan dan Pemarutan

Selanjutnya potongan kecil daging buah kelapa dipotong lagi ke dalam mesin pemotong untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan. Untuk mendapatkan pemotongan sangat halus, seperti pita, lempengan, dilakukan dengan menggunakan mesin parut kelapa, sementara kelapa parut yang berbentuk butiran dihancurkan dengan menggunakan disintegrator.

9. Pengeringan

Biasanya kadar air dalam parutan atau irisan daging buah kelapa lebih dari 50 persen lalu diturunkan hingga 3 persen. Pengeringan dilakukan dalam suhu 60° hingga 70°C selama kurang lebih 20 hingga 40 menit.

Itulah cara artikel tentang cara buat kelapa kering. Semoga bisa bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.

(Visited 3 times, 1 visits today)