Cara Ternak Ikan Oscar yang Berharga Mahal

Cara ternak ikan Oscar banyak dilirik pelaku budidaya karena ikan predator air tawar tersebut banyak penggemarnya. Habitat aslinya berada di Sungai Amazon dan daya pikatnya membuat pecinta ikan hias mengakui ikan dengan warna mencolok tersebut.

Ikan Oscar juga dibanderol dengan harga cukup mahal. Inilah mengapa, anda juga berpeluang menambah penghasilan dari ternak ikan Oscar. Banyak masyarakat Indonesia sudah sukses budidaya ikan Oscar, walaupun harus memberi perlakuan khusus, menggunakan panduan lengkap berikut 

Cara Ternak Ikan Oscar yang Berharga Mahal

1. Seleksi Induk Ikan Oscar

Ciri-ciri ikan Oscar jantan

  • Tubuh lebih panjang
  • Sirip lebih lebar dan panjang
  • Punya dua lubang berukuran hampir sama, bentuk menguncup.
  • Mengikuti belakang betina untuk pembuahan
  • Warna lebih menarik dan terang

Ciri-ciri ikan Oscar betina

  • Tubuh lebih gemuk
  • Sirip lebih bulat dan pendek
  • Punya dua lubang, satu ukuran besar, satu ukuran kecil menguncup.
  • Berenang ke dasar
  • Warna lebih gelap, tampak kusam dan kalem

Dalam cara ternak ikan Oscar, induk harus berusia 1,5-2 tahun, sehat, agresif, tubuh lengkap tidak ada cacat, warna cerah tidak pucat, tidak sakit.

Seleksi induk dengan cara campur 5 oscar jantan dan 5 oscar betina dalam 1 aquarium. Jika sudah ada pasangan, langsung pisahkan dan letakkan pada akuarium khusus.

2. Cara Memijahkan Ikan Oscar

Letakkan ikan dalam akuarium luas, ukuran 1,5x1x0,5 m3. Masukkan hingga ketinggian air 30-40 cm, beri tumbuhan plastik juga bebatuan agar benih ikan Oscar tetap aman. Endapkan air selama 48 jam sebelum memasukkan induk ikan Oscar.

Dilansir dari Suksespedia, perkawinan Oscar terjadi saat pagi atau sore hari. Pejantan akan langsung membuahi telur. Pisahkan telur yang telah dibuahi dan letakkan dalam akuarium penetasan berukuran 70cm x 40cm x 40cm m3, sedangkan ketinggian air adalah 10 cm. Beri aerator berdaya lemah supaya burayak atau telur tidak mati.

Jika sudah tiga hari, telur menetas. Tambahkan emalin dan methylene blue sebagai zat campuran dalam akuarium.

Cara Ternak Ikan Oscar yang Berharga Mahal

3. Cara Memelihara Burayak Oscar

Burayak punya kuning telur sebagai cadangan makanan. Beri pakan setelah usia burayak mencapai 5 hari, dengan memberikan rotifera. Cegah keterlambatan pemberian pakan karena Oscar adalah ikan ganas dan kanibal.

Beri pakan kutu air jika usia Oscar sudah mencapai 10 hari, pastikan sudah anda bersihkan terlebih dahulu. Usia dua minggu dapat anda berikan kutu air tanpa saring, atau selingan cacing rambut.

Letakkan ikan pada akuarium besar jika sudah berusia 25 hari. Itulah panduan lengkap cara ternak ikan Oscar, mudah bukan?

(Visited 1 times, 1 visits today)