Khasiat Akupuntur untuk Kesehatan

Akupuntur adalah teknik pengobatan tradisional yang berasal dari Tiongkok sejah ribuan tahun lalu dengan cara menusukan jarum kecil dan halus pada titik tertentu pada tubuh seseorang. Selain dapat menghilangkan rasa sakit yang muncul, akupuntur juga memiliki manfaat besar bagi tubuh, kesehatan dan kesembuhan dari penyakit.

Masyarakat Tiongkok dahulu percaya bahwa segala macam penyakit berasal dari masalah aliran energi (Qi) yang melambat. Dengan dilakukannya akupuntur dengan menusuk pada titik syaraf tertentu maka nantinya aliran (Qi) ini dapat berjalan dengan lancar dan tubuh akan menjadi lebih sehat.

Dalam dunia kedokteran terapi akupuntur bekerja dengan merangsang jaringan syaraf, jaringan ikat, dan juga jaringan otot. Dengan rangsangan di bagian ini maka nantinya tubuh akan terpicu untuk menghasilkan hormon endorfin yaitu hormon penghilang rasa sakit alami dalam tubuh.

Akupuntur dapat dilakukan hanya jika jarum telah disterilisasi dengan benar dan hanya dapat digunakan sebanyak sekali saja. Hal tersebut dilakukan guna menghindari resiko penularan akibat jarum yang kurang higienis dan penggunaan berulang yang bisa menjadi sebab penyakit hepatitis dan beberapa penyakit lainnya.

Khasiat Akupuntur untuk Kesehatan

1. Membuat awet muda

Akupuntur bisa memperbaiki elastisitas wajah sehingga kulit yang mengencang membuat seseorang tampak lebih muda dari aslinya. Akupuntur bahkan secara khusus telah digunakan untuk tujuan ini yang disebut dengan akupuntur kosmetik. Akupuntur kosmetik dilakukan dengan cara menusuk jarum pada titik tertentu pada bagian wajah, leher dan juga kepala. Banyak orang telah menjadi saksi betapa bagusnya akupuntur bagi mereka. Meskipun demikian belum ada penelitian mengenai kaitan, pengaruh, dan peran akupuntur terhadap perlambatan penuaan dan kecantikan.

 

2. Mengatasi obesitas

Telah dilakukan studi mengenali akupuntur dan obesitas dan ditemukan bahwa terapi akupuntur dapat meningkatkan metabolisme tubuh, mengurangi stres dan juga mengurangi nafsu makan berlebih dan hal tersebut dapat membantu penurunan berat badan secara drastis. Namun tentu masih diperlukan upaya lainnya dengan mengubah pola hidup, menjaga pola makan dan harus selalu melakukan aktivitas olahraga secara teratur.

(Visited 19 times, 1 visits today)