Menguak Misteri Penyebab Flek Hitam

Flek hitam dalam dunia kesehatan dikenal sebagai melasma. Beberapa orang mengalami gangguan ini ketika memasuki usia 40 tahun. Tetapi sejumlah orang sudah mengeluhkan gangguan kulit ini sejak usia muda. Apa sebenarnya penyebab flek hitam? Bagaimana cara untuk mencegahnya? Berikut kutipan dari cantikq.com.

Apa Sebenarnya Flek Hitam

Flek hitam atau disebut melasma adalah noda gelap pada kulit. Banyak terjadi pada area yang terbuka, terpapar sinar matahari dan udara bebas. Termasuk pada permukaan kulit wajah. Melasma kerap kali menyebabkan penderitanya mengalami masalah percaya diri.

Pada wajah, noda gelap ini acap kali tampak pada area pipi dan area sekitar zona T, termasuk dahi. Kadang juga muncul di sekitar sekitar rahang depan hingga dagu. Beberapa orang dapat mengalami keluhan melasma ini pada area sekitar tangan dan punggung telapak tangan.

Menguak Misteri Penyebab Flek Hitam

Karena noda gelap ini menyebabkan penampilan tampak tidak sempurna. Beberapa wanita bahkan rela menutupi noda ini dengan menggunakan make up yang tebal. Meski tentu saja kadang memberi rasa tidak nyaman.

Flek hitam ini biasanya mudah dikenali, bentuknya kadang seperti bintik bintik gelap, kecoklatan pada wajah. Kadang juga membentuk pola kecoklatan atau kebiruan pada wajah dengan bentuk random.

 Biasanya warna gelap ini bisa memburuk seiring waktu. bahkan kadang bertumpuk antara pola gelap dengan bintik bintik coklat di dalam pola. Hingga semakin sulit pula untuk  dapat Anda samarkan.

Apa Penyebab Flek Hitam Sebenarnya?

Penyebab dari flek hitam sendiri sebenarnya sangat beragam. Tetapi secara mendasar ini terjadi akibat terjadinya pembentukan sel sel melanin berlebihan pada satu area kulit. Akibatnya melanin menumpuk di satu area dan membentuk noda gelap.

Pada beberapa jenis flek hitam, Anda bisa merasakan adanya perbedaan permukaan ketika diraba. Sedikit lebih tebal, terasa lebih kasar atau lebih kering. Tetapi banyak jenis flek hitam tidak memiliki tekstur berbeda dari permukaan kulit lainnya.

Bagaimana kulit dapat menggelap dan membentuk flek hitam pada dasarnya berkaitan dengan sel sel melanin. Ini adalah jenis sel yang bertanggung jawab pada warna kulit. Makin banyak komponen sel ini pada kulit, maka makin gelap kulit seseorang.

Bagaimana tubuh memproduksi lebih banyak melanin  sendiri berkaitan dengan banyak hal. Sehingga dapat dikatakan ada banyak aspek yang menjadi penyebab dari terbentuknya flek hitam.

Penyebab flek hitam yang paling sering terjadi adalah iritasi. Iritasi bisa diakibatkan efek paparan sinar UVA dan UVB. Dapat pula disebabkan oleh paparan bahan kimia pada perawatan kulit dan make up yang tidak tepat. Paparan sinar matahari atau make up yang tidak tepat akan menyebabkan efek perih di kulit dan kadang membuat kulit kemerahan karena efek terbakarnya epidermis kulit.

Iritasi ringan ini nantinya akan menyebabkan terjadinya bekas luka dengan membentuk penumpukan melanin. Hingga menjadi penyebab terbentuknya flek hitam pada wajah. Hal serupa kadang juga terjadi pada wajah yang berjerawat. Karena sisa bekas infeksi pada beberapa orang menghasilkan pembentukan melanin berlebihan.

Kulit  juga dapat mengalami noda hitam akibat efek perubahan hormonal, pada masa masa menopause dan masa masa kehamilan.  Penggunaan terapi hormon, pil KB, hingga obat kejang juga ditengarai dapat menyebabkan perubahan hormonal yang dapat menjadi penyebab terbentuknya flek hitam.

Bagaimana cara alami mencegah flek hitam?

perawatan kulit yang tepat menjadi kunci dalam mencegah flek hitam.  Gunakan tabir surya dengan spf yang cukup sesuai kebutuhan, untuk meredam efek paparan sinar matahari.

Juga selalu hati hati dalam mengenakan make up. Pastikan Anda menggunakan jenis make up yang aman dan bebas bahan bahan kimia berbahaya. Rawat jerawat dengan cara yang sehat dan tidak agresif, karena efek luka dari perawatan jerawat yang agresif dapat menyebabkan noda gelap.

Gunakan perawatan kulit yang fokus dalam menjaga kesehatan dan proses regenerasi kulit. Ini akan bekerja menjaga warna kulit tetap merata. Penggunaan perawatan pemutih kulit berlebihan pun dapat beresiko iritasi kulit. Yang nantinya justru menjadi penyebab flek hitam.

(Visited 10 times, 1 visits today)