Penghancur Tinja di Septic Tank yang Patut Dicoba

Septic tank menjadi salah satu wadah penting yang harus tersedia pada rumah. Hal tersebut karena septic tank merupakan wadah yang akan menampung kotoran atau tinja manusia. Septic tank yang mulai penuh tentu akan menimbulkan aroma yang tidak sedap dan membuat lingkungan tercemar. Untuk itu, penghancur tinja di septic tank banyak digunakan untuk mengatasi masalah ini.

Selain mencemari lingkungan, septic tank yang penuh juga lambat laun akan menimbulkan penyakit pada penghuni rumah. Apalagi ketika musim hujan telah tiba, tanah menjadi sulit menyerap limbah karena daya serapnya berkurang. Sebelum masalah septic tank muncul, limbah biologis manusia yang ditampung dapat dihancurkan dengan cara dan bahan berikut ini:

Konsep Otomatis

1. Memanfaatkan Septic Tank Bio

Bagi yang baru akan membangun rumah atau membangun septic tank, permasalah septic tank yang bisa saja muncul di kemudian hari perlu dipikirkan. Salah satunya bagaimana cara agar septic tank tidak mudah penuh dan ramah lingkungan. Menggunakan septic tank BIO dari BioRich bisa menjadi pilihan jika tidak ingin direpotkan oleh masalah septic tank di masa depan.

Dibuat dari fiberglass dengan kualitas tinggi, wadah kotoran ini akan menampung tinja dengan baik tanpa mencemari lingkungan. Teknologinya juga membuat septic tank anti penuh sehingga tidak perlu adanya penyedotan. Dengan begitu, lingkungan hidup menjadi lebih sehat dan kotoran dapat hancur dengan mudah. Pengguna bisa memperoleh produk ini melalui https://www.suryafibertek.co.id/septic-tank-biotech/.

2. Menggunakan Natrium Hidroksida

Agar septic tank tidak mudah penuh, kotoran di dalamnya perlu diurai dengan bantuan zat khusus salah satunya Natrium Hidroksida atau soda api. Sebagai zat penghancur tinja di septic tank, penggunaan soda api cukup mudah dilakukan. Taburkan soda api melalui kloset dan tunggu zat tersebut bereaksi ketika bertemu dengan air yang ada pada lubang kloset.

Natrium Hidroksida ini bekerja dengan cara menghasilkan gelembung ketika bertemu air sehingga gelembung tersebut dapat menghancurkan kotoran yang ada di sekitarnya. Zat ini akan menghancurkan limbah organik termasuk tinja yang terdapat pada septic tank. Jangan khawatir, natrium hidroksida termasuk aman digunakan dan memberikan hasil yang memuaskan.

3. Memanfaatkan Obat untuk Menumbuhkan Bakteri

Dalam hal menghancurkan tinja yang ada pada septic tank, kehadiran bakteri cukup bermanfaat. Pasalnya, bakteri mampu menguraikan kotoran dengan cepat. Untuk itu, pengguna dapat membeli obat yang dikhususkan untuk menumbuhkan bakteri pengurai dan menggunakannya pada septic tank. Setiap obat memiliki aturan penggunaannya masing-masing agar kinerja serta pertumbuhan bakterinya dapat lebih maksimal.

4. Mencampurkan Sabun Cuci Piring dengan Air Panas

Cara menghancurkan tinja yang memenuhi septic tank juga bisa dengan menggunakan bahan yang ada di rumah yakni sabun cuci piring dan air panas. Siapkan sabun cuci piring sebanyak satu gelas dicampur dengan air panas mendidih. Siramkan melalui kloset setelah area sekitarnya dilindungi kain. Siram perlahan dan tunggu sekitar 20 menit lalu siram dengan air biasa.

5. Memanfaatkan Cairan Anti Sumbat pada Kloset yang Tersumbat

Masalah septic tank yang penuh bisa ditandai dengan kloset yang mulai tersumbat. Untuk menghancurkan tinja agar tidak memenuhi septic tank, pengguna juga bisa memanfaatkan cairan yang difungsikan sebagai anti sumbat. Caranya, cukup siramkan cairan tersebut pada lubang kloset yang tersumbat dan tunggu selama 10 menit. Jika waktunya telah cukup, siram dengan air biasa.

Beberapa cara di atas dapat digunakan sebagai solusi penghancur tinja di septic tank yang mudah dan praktis. Agar tidak perlu menggunakan bahan dan zat pengurai jika septic tank mulai penuh, sebaiknya ketika membangun rumah langsung menggunakan septic tank berkualitas. Hal tersebut agar septic tank tidak akan penuh dan tidak perlu melakukan sedot WC.

(Visited 5 times, 1 visits today)