Tips Aman Beli Rumah Melalui KPR Syariah

Memiliki rumah sejatinya menjadi kebutuhan pokok yang memang harus segera dipenuhi. Seiring berjalannya waktu harga properti saat ini cukup mahal dan harganya terus mengalami peningkatan. Hal inilah yang akhirnya membuat kebanyakan orang sulit mewujudkan untuk memiliki rumah sendiri.

Berdasarkan data dari BI dan BPS di masa mendatang akan banyak penduduk yang belum bisa memiliki rumah sendiri. Walau setiap tahun selalu ada kenaikan gaji, nilai rumah juga terus bertambah berlipat-lipat.

Konsep Otomatis

Melihat hal tersebut kini hadir KPR (Kredit Pemilikan Rumah) sebagai solusi terbaik untuk segera memiliki rumah. Namun tidak semua orang layak atau mampu mencicil beli rumah dengan KPR. Agar kamu bisa beli rumah KPR Syariah, silahkan simak penjelasan berikut ini.

  • Sadari dulu, apakah kamu layak mencicil rumah dengan sistem KPR?

Kamu bisa saja mendapatkan nilai bagus terkait ketepatan dalam membayar angsuran. Namun kamu juga harus menyadari apakah kamu mampu dan konsisten dalam mencicil rumah? Untuk mengetahuinya kamu bisa bandingkan rasio hutang dengan aset. Nilai yang ideal dari rasio tersebut harus dibawah 50%.

Kalau rasionya lebih dari 50% itu artinya beban hutang lebih besar dibandingkan nilai aset. Kalau kondisinya demikian lebih baik tunda dulu beli rumah KPR Syariah.

  • Investasi untuk DP rumah

Ketika mau beli rumah KPR Syariah kamu harus tahu kapan mau beli dan kapan akan bayar uang muka. Selain itu kamu harus tahu berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk beli rumah. Kalau mau mendapatkan dana lebih mudah kamu bisa memilih investasi resiko rendah dan memiliki keuntungan yang tetap.

  • Jumlah cicilan jangan melebihi 35% dari penghasilan

Ketika kamu ingin pengajuan KPR Syariah disetujui pastikan jumlah cicilan jangan melebihi jumlah penghasilan dalam satu bulan. Hal ini berhubungan dengan biaya pengeluaran per bulan agar kamu tidak kesulitan keuangan. Sehingga tidak sampai terjadi macet kredit.

Kalau kamu ingin mendapatkan rumah yang bagus dan berkualitas dengan sistem KPR Syariah kamu bisa mencari-cari info dulu, misalnya dengan mengetikkan keyword jual rumah di Bogor jika ingin membeli rumah di daerah tersebut. Mengingat perumahan ada juga yang menawarkan harga yang lebih terjangkau namun berkualitas dan nyaman sebagai hunian keluarga.

 

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa tips beli rumah KPR Syariah yang aman dan menguntungkan. Semoga dengan adanya penjelasan ini akan memudahkan kamu untuk menyusun rencana saat membeli rumah dengan sistem KPR.

(Visited 4 times, 1 visits today)